Informasi dari kontributor MK.NEWS.COM.YUDHA ARIANTO PEWARTA

0
351

Yth ; Danrem 173/PVB
Cc; Kasrem 173/PVB
Para Kasi Rem 173/PVB

Selamat malam Komandan, ijin melaporkan

*Perihal : Telah Diamankan 2 (dua) Anggota Polres Nabire oleh Satgas Gakkum Nemangkawi Unit Nabire Karena Diduga Telah Melakukan Transaksi Penjualan Amunisi Kepada KSTP.*

Sumber  : Jaring tertutup
Nilai        : B – 2

1. Pada tanggal 28 Oktober 2021, pukul 13.00 WIT bertempat di Distrik Nabire, Kabupaten Nabire telah diperoleh informasi bahwa pada tanggal 27 Oktober 2021, pukul 16.56 WIT di Kel. Grimulyo, Distrik Nabire, personil Satgas Gakkum Nemangkawi Unit Nabire telah mengamankan 2 (dua) orang anggota Polres Nabire, Polda Papua karena diduga telah melakukan transaksi penjualan Amunisi kepada KSTP.

2. Adapun identitas tersangka sbb :
a. Nama : ARDI SINERI
TTL : Serui 10 Juni 1997
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pekerjaan : Polri
Pangkat : Bripda
Unit Tugas : Sat Reskrim Polres Nabire
Alamat : Jl. Gajah Mada, Kel. Serui Kota, Distrik Yapen Selatan, Kep. Yapen.

b. Nama : JONY PRASETYA
TTL : Nabire 02 November 1986
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pekerjaan : Polri, bertugas di Polres Nabire
Pangkat : Brigadir
Unit Tugas : Sat Sabhara Polres Nabire
Alamat : Jl. Frans Kaisiepo, Kel. Nabarua, Distrik Nabire, Kab. Nabire.

3. Berikut barang bukti yang di amankan dari Kedua tersangka:
a. Tersangka an. JONY PRASETYA O
– Uang tunai pecahan seratus Ribu sebanyak Rp 9.900.000
– 1 buah Hp Samsung warna Gold.
– 1 buah Hp Samsung Warna hitam.
– 1 buah KTA an. JONY PRASETYA O
– 1 buah KTP an. JONY PRASETYA O
– 2 buah Sim C dan B1 an. JONY PRASETYA O
– 2 lembar foto 4×6
– 1 buah Dompet warna coklat
– 1 buah Kolel Rim.

b. Tersangka an. ARDI SINERI
– Uang tunai pecahan seratus Ribu sebanyak Rp. 2.200.000
– 1 lembar uang malaysia senilai 1RM.
– 1 Buah hp Hitam merk Oppo.
– 1 Buah Kartu NPWP.
– 1 Buah Kartu SIM.
– 1 Buah Kartu KTP.
– 1 Buah Kartu KTA
– 1 Buah foto 3×4.
– 1 Buah Dompet Coklat.
– 1 Buah tas samping warna hitam tanpa merk.

4. Adapun rangkaian kegiatan penangkapan sbb :
a. Pada 27 Oktober 2021, pukul 16.56 WIT, Tim Satgas Gakkum Nemangkawi tiba di tempat kos-kosan di Kel. Girimulyo sebagai tempat keberadaan target an. ARDI SINERI. Setiba di lokasi, personil langsung melakukan penangkapan terhadap target an. ARDI SINERI.

b. Pukul 16.59 WIT, Tim Satgas Gakkum Nemangkawi langsung membawa Tersangka an. ARDI SINERI menuju Polres Nabire guna di mintai keterangan.

c. Pukul 17.13 WIT, Tersangka an. ARDI SINERI tiba di Polres Nabire. Setelah dilakukan pemeriksaan bahwa Tersangka an. ARDI SINERI mengaku mengaku mendapatkan peluru (Amunisi) dari anggota Polri Polres Nabire an. JONY PRASETYA O. Kemudian Tim Satgas Gakkum Nemangkawi kembali melakukan penangkapan terhadap  sdr. an. JONY PRASETYA O dan di amankan ke Polres Nabire guna di mintai keterangan.

4. Pada 28 Oktober 2021, pukul 06.30 WIT di UPBU Kelas II Douw Aturure, Jl. Sisingamangaraja, Kel. Karang Tumaritis, Distrik Nabire 2 tersangka an. JONY PRASETYA O dan an. ARDI SINERI yang dikawal oleh Personil Satgas Gakkum Nemangkawi telah berangkat menggunakan Pesawat Wings Air menuju Kab. Jayapura untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut di Polda Papua.

*Catatan :*
1. Bahwa pada hari penangkapan, 2 tersangka an. JONY PRASETYA O dan an. ARDI SINERI yang di amankan di Porles Nabire selanjutnya dilakukan pengembangan lebih lanjut terkait jual beli Amunisi oleh Satgas Gakkum Nemangkawi. Adapun bahan keterangan lainnya sbb:

a. Berdasarkan hasil pendalaman oleh Satgas Gakkum Nemangkawi bahwa Barang Bukti berupa uang yang ditemukan dari Tersangka an. ARDI SINERI dan sdr. an. JONY PRASETYA O dengan total sejumlah Rp.12.100.000 merupakan hasil penjualan Amunisi sebanyak 80 butir kepada KSTP.

b. Adapun Amunisi yang didapat dari Tersangka an. JONY PRASETYA O sebanyak 80 butir tersebut telah dijual oleh Tersangka an. ARDI SINERI kepada salah seorang yang belum diketahui identitasnya (UKP) yang diduga anggota KSTP dengan harga sebesar Rp.12.100.000 pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 di daerah Kel. Bumi Wonorejo, Kab. Nabire.

2. Bahwa pada 28 Oktober 2021, pukul 06.30 WIT di UPBU Kelas II Douw Aturure, Jl. Sisingamangaraja, Kel. Karang Tumaritis, Distrik Nabire 2 tersangka an. JONY PRASETYA O dan an. ARDI SINERI yang dikawal oleh Personil Satgas Gakkum Nemangkawi telah berangkat menggunakan Pesawat Wings Air menuju Kab. Jayapura untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut di Polda Papua.

Demikian kami laporkan
mohon menjadi periksa, selanjutnya ijin petunjuk….www.mediakriminalitasnews.com.

Pewarta yudha arianto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here