Pemotongan BST didepok.

0
307

Pemotongan BST di Depok, Pihak RW Sebut untuk Bantu Warga Lain dan Tak Dipaksakan
Pemotongan BST di Depok, Pihak RW Sebut untuk Bantu Warga Lain dan Tak Dipaksakan
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai. ©2021 Liputan6.com/Hermann Zakharia
PERISTIWA | Jumat, 6 Agustus 2021 00:30:00
Reporter : Nur Fauziah
Merdeka.com – Dugaan pemotongan bantuan sosial tunai (BST) kembali terjadi di Depok. Warga di Tapos dan Curug, Cimanggis, mengaku diminta memberikan sejumlah uang saat menerima dana itu.

Sandi, warga Tapos, mengatakan, potongan dana BST Rp150 ribu dengan alasan untuk menyubsidi warga yang tidak dapat BST serta dana kegiatan 17 Agustus. Dia menuturkan, petugas yang memberikan BST berpesan pada dirinya mengenai adanya potongan itu.


Saat diprotes, petugas mengatakan keberatan bisa disampaikan kepada ketua RT. “Petugas yang membagikan itu memberi pesan ke setiap kepala keluarga (KK) dipotong Rp150 ribu. Yang Rp100 ribu untuk yang ngga dapat (BST)? Yang Rp50 ribu untuk Agustusan. Saya tegur kan. Dia bilang kalau complain disampaikan ke Pak RT,” katanya, Kamis (5/8).

Menurutnya, pemotongan ini bukan pertama kali. Bantuan lain, seperti sembako, juga disunat. “Ini sudah kesekian kali selama pandemi. Bansos sembako, bansos uang, ada yang dari pemerintah, ada dari Pemprov Jawa Barat, pun ada pemotongan. Alasannya untuk uang capek sampai buat orang-orang yang ngga dapat bansos,” akunya.

“Kalau sembako misalnya seingat saya sebelumnya ada dua karung beras. Yang kecil dipotong. Atau kecil dikasih, yang gede dipisah,” ucapnya.

Bukan hanya Sandi, warga lain pun mengalami hal serupa. Dodi, warga RT 01 RW 10, Kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis mengaku harus menyumbang Rp50 ribu untuk donasi dari bansos yang diterimanya. Permintaan donasi itu disampaikan pihak RT secara lisan.

“Saya mendapatkan bantuan dari pemerintah, bansos, itu yang pertama dapat bantuan 2 x Rp300.000 dan saya secara spontan diberitahukan dari pihak RT bahwa harus menyumbang sekitar Rp50.000 untuk donasi,” ucapnya.

Donasi itu diklaim untuk disalurkan ke masjid. Ketika pihak RT menanyakan kesediaannya memberikan donasi, Dodi pun mengaku akan memberikan donasi langsung ke masjid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here