TULANG RUSUK TERASA NYERI INI PENYEBABNYA.

0
389

Tulang Rusuk Terasa Nyeri? Ini Penyebabnya

Nyeri pada bagian tulang rusuk umumnya tidak berbahaya. Namun, bukan berarti bisa diabaikan begitu saja, karena dapat menjadi tanda penyakit berbahaya.

Tulang Rusuk Terasa Nyeri? Ini PenyebabnyaKlikdokter.mk.news.com, Jakarta Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri pada tulang rusuk dan sekitarnya, mulai dari tulang rusuk yang patah hingga kanker paru. Nyeri yang berhubungan dengan tulang rusuk dapat timbul tiba-tiba, dan terasa tajam maupun tumpul.

Umumnya, penyebab tulang rusuk terasa sakit bukanlah hal yang serius dan dapat hilang dengan sendirinya maupun dengan penanganan minimal. Namun, ada pula yang termasuk kedaruratan medis dan membutuhkan penanganan segera. Untuk mencari tahu penyebab pastinya, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter.

Berikut adalah penyebab tulang rusuk terasa sakit yang sering ditemukan:

1 dari 5

1. Cedera

Cedera Tulang RusukTulang rusuk terasa sakit bisa jadi disebabkan cedera. Cedera atau trauma pada tulang rusuk bisa berasal dari jatuh, kecelakaan lalu lintas, serta kontak yang berhubungan dengan olahraga. Akibatnya, beberapa cedera yang dapat terjadi adalah:

  • Patah tulang rusuk
  • Memarnya bagian rusuk
  • Otot rusuk yang tertarik

Artikel Lainnya: 3 Penyebab Nyeri Dada yang Tak Ada Hubungannya dengan Jantung

2. Kostokondritis

Salah satu penyebab tulang rusuk terasa sakit adalah kostokondritis. Kondisi ini ditandai oleh peradangan pada tulang rawan di rusuk, yang sering kali terjadi pada sendi kostosternal.

Nyeri yang dirasakan dapat bervariasi dari ringan ke berat, dan terasa nyeri apabila disentuh. Pada kasus yang berat, nyeri dapat menjalar ke lengan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa kasus kostokondritis dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada pula yang membutuhkan intervensi medis.

2 dari 5

3. Pleuritis

PleuritisPeradangan pada lapisan paru dan perut yang disebut pleura, juga dapat menjadi penyebab tulang rusuk terasa sakit. Sebenarnya, sejak kehadiran antibiotik, pleuritis menjadi lebih jarang ditemukan. Apabila memang terjadi biasanya dapat sembuh sendiri, dan berlangsung dari beberapa hari hingga dua minggu.

Kondisi peradangan lain yang terjadi pada paru seperti bronkitis, juga dapat mengakibatkan tulang rusuk terasa sakit.

Artikel Lainnya: Ciri dan Tanda Bahwa Anda Berisiko Osteoporosis

4. Kanker

Salah satu gejala kanker paru adalah nyeri pada tulang rusuk atau nyeri dada yang semakin nyeri ketika bernapas lebih dalam, batuk, maupun tertawa.

Kanker paru sering kali menjadi penyebab utama kematian pada wanita maupun pria. Kanker paru yang sudah menyebar akan menimbulkan tulang rusuk terasa sakit.

3 dari 5

5. Fibromyalgia

FibromyalgiaKondisi kronis yang menyebabkan nyeri ini kerap kali menyakitkan, yang dapat terasa seperti terbakar, tertusuk, maupun berdenyut. Nyerinya dapat terasa di sekitar rusuk, meski bagian tubuh lain juga bisa terasa nyeri.

6. Emboli Paru

Ketika pembuluh darah arteri yang masuk ke paru-paru tersumbat, hal tersebut akan menyebabkan emboli paru.

Selain nyeri tulang rusuk, emboli paru juga bisa menyebabkan sesak napas, napas yang cepat, batuk dengan atau tanpa darah, rasa cemas, kepala terasa ringan, berkeringat, serta detak jantung yang tidak teratur.

4 dari 5

7. Spasme Otot Dada

Otot antar rusuk sering kali menjadi penyebab tulang rusuk terasa sakit. Ini kerap disebut dengan otot yang tertarik.

Selain cedera akibat olahraga kontak, otot antar rusuk dapat tertarik akibat kurangnya peregangan sebelum berolahraga, mengangkat beban berat, kurangnya kelenturan, menggapai barang yang letaknya tinggi, bahkan batuk yang sedang parah-parahnya.

Baca Juga

Perhatikanlah apa yang baru terjadi dengan Anda. Siapa tahu, penyebab tulang rusuk nyeri yang Anda alami tidak separah yang Anda kira. Apabila nyeri sangat hebat dan tidak hilang dengan istirahat, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, bisa bertanya kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter..

WWW.MEDIAKRIMINALITAS.NEWS.COM……copyright2021.

(Red/hallo dokter).MK.NEWS.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here