Renungan pagi buat masyarakat dari mediakriminalitasnews.com.

0
1308

*Assalamualaikum wr wb*
*Renungan Kamis Pagi*

Bismillah hirohmanirohim….allahuma azjinnirminannar…..Salah satu penyakit hati yang sangat dicela dalam Islam adalah penyakit hasad atau dengki.

Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit hasad sangat berbahaya bahkan dapat menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka.

Kita sulit mengetahui penyakit hasad yang mengjangkiti diri kita sendiri, lebih-lebih mengetahui penyakit hasad yang menjangkiti orang lain.

Hal ini karena penyakit hasad adalah penyakit hati yang tak seorang pun mengetahui bentuk dan wujudnya.

Imam Alghazali dalam kitab Minhajul Abidin mengatakan bahwa hasad merupakan penyakit yang tidak hanya merusak kebaikan, melainkan juga menarik untuk berbuat maksiat dan kejahatan.

Tidak sedikit perbuatan maksiat dan kejahatan terjadi disebabkan penyakit hasad yang menghinggapi hati seseorang.

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : اَرْبَعَةٌ جَوَاهِرَ فِى جِسْمِ بَنِى آدَمَ يْزِيْلُهَا اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ : اَمَّا الْجَوَاهِرُ فَالْعَقْلُ وَالدِّيْنُ وَالْحَيَاءُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ فَالْغَضَبُ يُزِيْلُ الْعَقْلَ وْالْحَسَدُ يُزِيْلُ الدِّيْنَ وَالطَّمَعَ يُزِيْلُ الْحَيَاءَ وَالْغِيْبَةُ تُزِيْلُ الْعَمَلَ الصَّالِحَ .

Rasulullah saw bersabda: “Ada empat permata dalam tubuh manusia yang dapat hilang sebab empat hal. Empat permata itu ialah: 1) akal, 2) agama, 3) sifat malu, 4) amalan shalih.
Marah-marah (ghadlab) dapat menhilangkan *Akal* iri dan dengki (hasud) akan menghilangkan *Agama* serakah (thama’) akan menghilangkan sifat *malu*, dan menggunjing (ghibah) akan menghilangkan *Amal shalih*
(Kitab Nashaihul Ibad)

*Jangan hasud…Tetap semangat menggapai RidhoNya*.

(Bidhum/dep agama/mk.news.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here